Tips Mengembalikan Data yang Hilang di Flashdisk

folder flashdisk

Pernahkah Anda mendapati suatu saat saat Anda hendak membuka data di flashdisk, dan tiba-tiba semua file dan folder yang ada menghilang. Padahal dengan sangat yakin Anda masih menyimpan semua data di flashdisk dengan sangat rapi. Lalu kemanakah semuanya?

Kejadian ini dulu saat jaman saya kuliah sering sekali terjadi. Tidak lain tidak bukan adalah VIRUS yang sedang beken saat itu sangat gemar menyembunyikan isi dari flashdisk, dan biasanya menyisakan 1 atau 2 file bertuliskan shortcut.

VIRUS ini tergolong sepele, karena jika Anda rajin mengupdate antivirus, minimal menggunakan antivirus lokal buatan Indonesia aka SMADAV problematika ini bisa selesai seketika.

Lalu bagaimana jika tidak ada antivirus yang ada di komputer Anda, atau sudah ada antivirus tapi Anda sudah lupa kapan mengupdate-nya? Berikut solusi sederhana yang bisa Anda lakukan jika Anda menemukan kasus ini.

Catatan: Solusi ini bersifat sementara, solusi jangka panjangnya adalah segera membersihkan virus yang sedang berpesta di komputer Anda segera!

Langkah 1

Pastikan Anda mengetahui letak flashdisk anda ada di drive apa? Contoh: F, G, H, atau I. Cara mengetahuinya bisa dilihat di explorer saat Anda membuka flashdisk Anda.

Langkah 2

Tekan tombol Windows + R

Langkah 3

Ketikkan CMD lalu tekan Enter

Langkah 4

Ketik command di bawah ini :

attrib -s -h /s /d *.*

Tunggu prosesnya sampai selesai. Lama tidaknya tergantung dari kapasitas flashdisk Anda dan banyaknya data yang ada di dalam flashdisk.

Yap, setelah selesai coba Anda cek kembali data yang ada di flashdisk di windows exlporer.InsyaAllah semua data Anda kembali seperti sedia kala. Setelah kembali, backup data yang ada di flashdisk Anda ke Hardisk komputer atau laptop guna menghindari kehilangan data lagi. Jangan lupa untuk mengupdate Antivirus dan melakukan scanning komputer Anda secara berkala.

Catatan: Ada kalanya semua file Anda yang tersembunyi tadi masuk ke dalam folder yang tidak ada namanya (folder tanpa nama).

Leave a comment